Tip Menanam Bunga Rose/Mawar dengan Benar

Menanam mawar dengan benar berarti Anda hanya menemukan sedikit masalah nantinya. Sebagian besar kerewelan yang terkait dengan bunga mawar adalah karena perawatan yang tidak tepat. Cari tahu cara menanam bunga mawar yang benar di bawah ini.

Penanaman 

  1. Pertama, temukan daerah yang terkena sinar matahari penuh. Ini agar fotosistesis berjalan baik sehingga tanaman berkembang dengan baik dan menghasilkan bunga yang indah.
  2. Jika Anda memiliki calon tanaman akar telanjang, rendam ia dalam seember air sebelum ditanam ke tanah atau media lain. Namun bilaAnda mengambil calon mawar dari pot,  siram dulu pot ini dengan air dan biarkan sebentar sampai siap tanam. Selanjutnya, saat Anda mengangkat tanaman dari pot untuk ditanam, pastikan Anda menyertakan segumpal tanah (usahakan agak banyak) untuk mengurangi stres pada akar.
  3. Gali lubang sekitar 10 cm  lebih dalam dari akar  bunga mawar yang akan Anda tanam. Anda mungkin perlu menambahkan kompos ke lubang tersebut sebelum tanam. Jadi pastikan lubang Anda minimal dua kali lebih lebar dari gumpalan tanah pada akar. Hal ini untuk memastikan pertumbuhan akar yang sehat dan kuat. Kompos bisa Anda beli di toko pupuk/pertanian, bisa pula menggunakan pupuk kandang YANG SUDAH DIMATANGKAN. Pupuk kandang yang belum matang bisa membakar tanaman Anda! Kotoran ayam sekitar 3x lebih bagus kandungan haranya dibandingkan kotoran domba atau sapi, asal dimatangkan terlebih dahulu minimal 3 minggu. Cara mematangkannya cukup dengan merendamnya dengan air di tong.
  4. Pada saat menanam, pastikan Anda memilih sisi terbaik; menghadap ke arah luar jika penanaman mengarah ke suatu objek seperti  teralis rumah. Isi sisa lubang di sekitar mawar dengan sempurna. Anda mungkin harus memegang tanaman dengan satu tangan untuk memastikan tetap tegak dengan baik.
  5. Setelah selesai mengisi lubang tanam, padatkan tanah untuk menghilangkan kantong udara,  jangan terlalu kuat.
  6. Siram tanaman pelan-pelan sampai basah sempurna, namun hindari jangan sampai tergenang! Hindari pula percikan pada daun.
  7. Selanjutnya Anda mungkin perlu memadatkan tanah sekali lagi setelah penyiraman untuk memastikan tanaman tetap kokoh. Sampai di sini penanaman mawar sudah selesai.

Perawatan

  1. Selalu siram tanaman saat kondisi tanah kering.  Jangan sampai tergenang, dan jangan sampai airnya menciprat ke daun sehingga tidak muncul penyakit.
  2. Pupuk tanaman 2 minggu sekali, atau paling lamat 1 bulan sekali. Pemupukan pertama dimulai minimal 10 hari setelah tanam. Anda bisa mengombinasikan pupuk organik (kompos) dan pupuk kimia (NPK). Khusus untuk pupuk kimia, gunakan dosis kecil saja, sekitar 1/3 sendok makan. Penaburan pupuk diusahakan berjarak 10 cm dari pohon, melingkar. Dosis pupuk kandang/kompos sekitar 250 gr.
  3. Pangkas secara rutin ranting-ranting yang tidak perlu dan buang daun-daun yang rusak.
  4. Bersihkan gulma atau tanaman pengganggu secara rutin di sekitar media tanam.
  5. Usahakan daun mawar selalu kering (terhindar dari percikan air).

“PERAWATAN YANG BAIK ADALAH KUNCI SEHATNYA TANAMAN!”

Apa yang Anda Butuhkan:

  • Sarung tangan
  • Calon tanaman
  • Kompos
  • Sekop

/r4f

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s